Senin, 26 Februari 2018

CUMI TEPUNG ASAM MANIS (TANPA SAUS SIAP SAJI)


CUMI TEPUNG ASAM MANIS

(TANPA SAUS SIAP SAJI)



Hari ini saya ingin membuat cumi tepung asam manis resep ala saya (tanpa saus siap saji), tetapi sebelum itu saya juga mau kasih info untuk ladies agar cuminya tersebut tidak ada rasa amisnya setelah dimasak. Pasti ladies diluar sana bertanya bagaimana membuat cumi  agar tidak berasa bau amis. Saya mempunyai resep yang sederhana sekali untuk ladies di luar sana yang mencari tips agar cumi tidak bau amis, lanjut aja yuk…


BAHAN-BAHAN

Pertama yaitu menghilangkan bau amis di cumi. Siapkan cumi, lalu cuci cuminya dahulu, peras ½ buah lemon lebih lalu aduk-aduk cumi dan air lemonnya agar tercampur semuanya, diamkan selama 1 ½ jam simpan dikulkas dengan ditutup pakai plastik. Lalu keluarkan cumi dari kulkas, cuci kembali dan siap untuk di olah dan hasilnya cumi tersebut tidak akan berasa bau amis.

Kedua yaitu membuat kuah asam manisnya. Siapkan ½ buah tomat, 5 biji cabe merah, 9 biji cabe rawit merah, 2 siung bawang putih, 1 siung bawang merah kemudian diblender lalu tuangkan kemangkok dan peras sedikit air lemon (agar berasa segar dikuahnya).

Ketiga yaitu membuat kuahnya agar kental. Siapkan 1 sendok makan kecil tepung meizena lalu campurkan dengan air panas

keempat siapkan tepung siap saji untuk cumi goreng tepungny, lalu siapkan minyak goreng, penyedap rasa (secukupnya) dan gula (sesuai selera)


LANGKAH-LANGKAH 
  1. Balurkan cumi ke adonan tepung kering lalu cumi digoreng
  2. Tumis kuah asam manisnya lalu campurkan penyedap rasa dan gula (secukupnya)
  3. Campurkan tepung meizena dengan kuah asam manisnya agar kuahnya kental
  4. Lalu campurkan cumi tepungnya dengan kuah asam manis
  5. Siap untuk disajikan

NOTE: Saya memasak untuk 4 cumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERANG BULU KUPAS PEDAS

KERANG BULU KUPAS PEDAS             Kerang bulu sangat enak dan sehat karena menurut saya kerang bulu lebih sehat dibandingkan de...